ORIENTASI STUDI PENGENALAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (OSPEKMARU) UNDARIS TAHUN AKADEMIK 2015/2016

#Tanggal Posting : 2015-10-01 00:02:05 | 0 Komentar

Tahun 2015 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mentargetkan 33% atau sekitar 7.000 mahasiswa yang dapat dilayani melalui pendidikan tinggi. Hal ini merupakan suatu kesempatan dan peluang bagi Yayasan Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI (UNDARIS) untuk memfasilitasi masyarakat yang akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Berdasar surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi no 194 Tahun 2014 UNDARIS dinyatakan sebagai institusi terakreditasi. Selain itu seluruh prodi di UNDARIS terakreditasi dan laporan PDPT dari UNDARIS sudah menempati posisi 100 %.

Menurut Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah pada suatu kesempatan, dalam Undang-Undang No 12 tahun 2012 pasal 26 dinyatakan bahwa perguruan tinggi memiliki otonomi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi. Otonomi itu harus dibarengi dengan pertanggungjawaban dan akuntabilitas melalui tiga komponen penentu agar lulusannya dikategorikan legal, yaitu ; institusi yang terakreditasi, program studi yang terakreditasi, dan civitas akademikanya dilaporkan secara sistematis dan rutin dalam pangkalan data pendidikan tinggi (PDPT). Di wilayah Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah terdapat 246 PTS  dengan 1055 prodi. Agar kapasitas dan kapabilitas kompetitif dapat diraih melalui sinergi discipline mind, creative mind dan respectful mind dengan ditambahi ethical mind sebagai panduan berperilaku. Hal-hal tersebut bisa didapatkan di Perguruan Tinggi.



Upacara Pembukaan Ospekmaru 2015



Green Living Movement (penanaman bibit tanaman secara simbolis oleh Ibu Rektor UNDARIS


Kegiatan Ospekmaru UNDARIS diikuti oleh para Mahasiswa Baru

Menurut Harwidyo Eko Prasetyo, ST., MT., ketua panitia ospekmaru, sebagai modal terkait menghadapi Asean Economic Community atau Masyarakat Ekonomi Asean yang menuntut sumber daya manusia yang kompeten dan kompetitif agar manusia Indonesia mampu bersaing dengan negara tetangga, masyarakat perlu menyadari untuk mengembangkan diri melalui pendidikan formal perguruan tinggi. Dan UNDARIS siap mengawal pendidikan tinggi bahkan membekali mahasiswa dengan keterampilan hidup lain. 

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas, Mohammad Setyo Haede menjelaskan, bahwa dalam ospekmaru kali ini disebut dengan PEKTA, singkatan dari Pekan Ta’aruf. Jadi, mahasiswa baru diajak untuk mengenal kampus lebih mendalam dalam satu pekan. Mulai dari kegiatan akademik, administrasi maupun kemahasiswaan. Pemaparan kegiatan akademik disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Ibu Dr. Hj. Ida Zahara Adibah, M.SI. Dilanjutkan oleh Bapak Abdullah, ST., MT selaku Wakil Rektor II, menjelaskan mengenai hal-hal terkait administrasi dan keuangan sebagai hak dan kewajiban mahasiswa selama menempuh perkuliahan di UNDARIS. Soft skill yang bisa diperoleh mahasiswa selama menempuh studi ditawarkan melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang antara lain UKM Racana Pramuka, UKM SAR, UKM Koperasi, UKM Olahraga, UKM Amalan Islam dan lain-lain. Hal ini dijelaskan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Sutomo, M.Pd.


Pemaparan kegiatan akademik disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, 
Ibu Dr. Hj. Ida Zahara Adibah, M.SI



Bapak Abdullah, ST., MT selaku Wakil Rektor II, menjelaskan mengenai hal-hal terkait administrasi dan keuangan sebagai hak dan kewajiban mahasiswa selama menempuh perkuliahan di UNDARIS



Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Sutomo, M.Pd. menjelaskan mengenai kegiatan kemahasiswaan di UNDARIS


Kegiatan PEKTA diakhiri dengan inaugurasi dengan bentuk upacara penerimaan sebagai mahasiswa baru yang dipimpin oleh BEM Universitas. Setelah sebelumnya diperkenalkan kepada fakultas masing-masing melalui sesi Fakulter. Diharapkan para mahasiswa baru dapat mengenal kampusnya sehingga nantinya dalam masa perkuliahan lebih nyaman dalam mengikuti proses pembelajaran.


Kegiatan PEKTA diakhiri dengan Acara Inagurasi

Penulis Berita : Ardi Mawardi, SS

KOMENTAR

Nama
Email
Komentar
   

NB : Koment Anda Akan tampil setelah diverfikasi Oleh Admin !